CAMPUR KODE PEMBAWA ACARA MUSIK BREAKOUT DI NET. TV

  • KHOLIFATUM MASRURO

Abstract

Kemampuan dan penguasaan bahasa yang dimiliki setiap orang berbeda, penutur yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa dapat mengakibatkan terjadinya kedwibahasaan ketika berkomunikasi dengan orang lain, salah satunya dengan melakukan campur kode. Salah satu peristiwa penyisipan kode lain ketika berkomunikasi yang disebut campur kode terjadi pada pembawa acara musik Breakout NET.Tv, bernama Boy William. Campur kode yang dilakukan oleh Boy William yaitu menyisipkan bahasa asing ketika bertutur menggunakan bahasa Indonesia.

Penelitian ini berwujud penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan wujud, faktor penyebab, serta fungsi campur kode yang dilakukan Boy William. Data yang digunakan adalah tuturan Boy William ketika membawakan acara musik Breakout. Pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih.

Penelitian ini menghasilkan campur kode yang dilakukan pembawa acara Breakout yaiyu Boy William berwujud kata, frasa, baster, reduplikasi, dan klausa, sedangkan idiom tidak ditemukan dalam penelitian ini. Campur kode yang dilakukan Boy William dipengaruhi (1) keterbatasan padanan kata, (2) pengaruh pihak kedua, (3) pengaruh unsur prestise, sedangkan faktor penyebab (4) kurang menguasai kode yang dipakai, bukan penyebab dari campur kode yang dilakukan Boy William. Fungs campur kode pada penelitian ini yaitu (1) sebagai perulangan, (2) sebagai penyisip kalimat, (3) sebagai spesifikasi lawan tutur, (4) sebagai spesifikasi isi pesan, dan tidak ditemukan fungsi campur kode (5) sebagai kutipan.

Kata Kunci: campur kode, wujud, faktor, fungsi







Published
2020-05-08
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 145