Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngebel

  • HANUM ANGGRAINI AFLAH

Abstract

Teks eksplanasi menjadi satu di antara beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan menulis teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan literasi dengan manfaat khusus siswa mampu menjelaskan sebab akibat suatu fenomena. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) dipilih karena model pembelajaran ini berbasis kerja kelompok yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, kepercayadirian, dan keakraban antar teman sehingga apabila diterapkan model berkelompok ini akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam literasi dan siswa akan bisa menulis teks eksplanasi secara baik karena saling bekerja sama dalam bertukar pikiran. Oleh karena itu, muncul hipotesis dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh dan respons siswa dalam pembelajaran menulis Teks Eksplanasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngebel. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil untuk mengisi kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumlah 31 siswa secara acak dengan melihat hasil nilai teks eksposisi yang setara. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan tes awal dan tes akhir di kelas kontrol maupun eksperimen dan juga melihat respons siswa dengan cara penyebaran angket setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) di kelas eksperimen. Penelitian ini menguji hipotesis dengan uji T yang menunjukkan thitung tes akhir adalah 8,437 dengan ttabel 2000 sehingga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,437>2000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngebel. Dan respons siswa terhadap pembelajaran ini dikategorikan sangat sesuai untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan persentase 88,3% sedangkan sangat tinggi untuk kemampuan menulis teks eksplanasi dengan persentase 84,67%.
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 204