MASKULINITAS DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

  • MARATUS SHOLIKHA

Abstract

Kehidupan tokoh Ridho dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy memiliki latar belakang kehidupan yang dihadapkan pada masalah ekonomi. Dengan adanya masalah tersebut, Ridho menemukan jalan untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik melalui nasihat Simbah Harun Tanggamus. Nasihat yang dimaksud yakni dengan membuka pintu rezeki di sekitar rumah yang membawanya pada kesuksesan.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) gambaran laki-laki dalam berpenampilan yang ada pada novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy, (2) kepemimpinan yang ada pada novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy, (3) kekuatan yang ada pada novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy, dan (4) keberanian yang ada pada novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu kalimat dan paragraf terkait maskulinitas yang ada dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka (pembacaan kritis, penandaan, dan pengutipan) dan teknik analisis data berupa teknik deskriptif. Teori yang digunakan yaitu teori maskulinitas menurut David dan Brannon (1976) yang membagi aturan maskulinitas menjadi empat aksioma dasar yang meliputi, gambaran laki-laki dalam berpenampilan, kepemimpinan, kekuatan dan keberanian.

Hasil penelitian ini yaitu gambaran laki-laki dalam berpenampilan yang ada dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy ditunjukkan melalui satu hal, yaitu (1) tidak berpenampilan seperti perempuan. Kepemimpinan yang ada dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy ditunjukkan melalui tiga hal, yaitu (1) kesuksesan, (2) kekuasaan, dan (3) kekaguman dari orang lai. Kekuatan yang ada dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy ditunjukkan melalui tiga hal, yaitu (1) rasionalitas, (2) ketangguhan, dan (3) kemandirian. Keberanian yang ada dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy ditunjukkan melalui dua hal, yaitu (1) kekerasan dan (2) agresi.

Kata Kunci: maskulinitas, gambaran laki-laki dalam berpenampilan, kepemimpinan, kekuatan, dan keberanian.

Published
2020-05-18
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 963