PENGGUNAAN KOSAKATA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF ANAK TUNANETRA JENJANG SMP DI PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU ASIYIYAH PONOROGO

  • MIRADA IMANIAR RAMADANI

Abstract

Abstrak

Tunanetra adalah suatu kondisi seseorang yang mempunyai indra penglihatan tidak berfungsi secara sebagian atau keseluruhan. Tunanetra mengandalkan indra lain yang masih berfungsi untuk mendapat informasi. Paragraf deskriptif ditulis berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh oleh panca indra, ditulis secara detail dengan mengamati bentuk fisik objek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penggunaan kosakata, penggunaan bentuk kata, penggunaan kelas kata yang dalam paragraf deskriptif yang ditulis oleh anak tunanetra jenjang SMP. Subjek penelitian yaitu sepuluh anak tunantera buta total sejak lahir sedang menempuh pendidikan jenjang SMP dan bermukim Panti Asuhan Tunanetra Aisyiyah Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Analisis data menggunakan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan kosakata anak tunanetra dalam menulis paragraf desktiprif berbeda-beda disebabkan oleh keterbatasan konsep dan pengalaman, interaksi dengan lingkungan dan mobilitas serta perbedaan usia dan jenis kelamin. Keterbatasan konsep dan pengalaman mengakibatkan penggunaan jumlah kosakata anak tunanetra sedikit dan tidak mendetail dalam mendeskripsikan objek. Keterbatasan interaksi dengan lingkungan dan mobilitas mengakibatkan paragraf deskriptif karya anak tunanetra sebagaian besar tentang lingkungan sekitar tempat tinggal, benda-benda yang berada dilingkungan sekitar anak tunanetra dan hewan yang sering dijumpai. Anak tunanetra usia tertua dan anak tunanetra dengan jenis kelamin laki-laki lebih banyak menggunakan kosakata. Keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki tidak berpengaruh pada penggunaan bentuk kata. Kata dasar menjadi bentuk kata dengan jumlah penggunaan terbanyak sedangkan bentuk akronim adalah bentuk kata yang jarang digunakan. Pada penelitian kelas kata yang paling banyak digunakan yaitu nomina. Kata yang termasuk nomina dapat diraba oleh anak tunanetra sehingga, konsep kata tersebut tertanam dalam pikirannya walau sebatas verbal bukan realis. Kelas kata kedua yang paling banyak yaitu verba, kemudian preposisi menduduki posisi ketiga terbanyak.

Kata kunci: penggunaan kosakata, paragraph desktiprif, anak tunanetra

Abstract

The blind is a condition of a person who has a sense of vision not functioning in part or whole. The blind relies on other senses that still serve to be informed, but the information obtained does not give a sense of knowledge about the object. Descriptive paragraphs are based on observations obtained from the five senses and are written in detail by observing the physical shape of the object. This study aims to determine the number of vocabulary, the use of word forms, and the use of word classes in descriptive paragraphs written by children with visual impairment at the middle school level. The subjects of the study were ten children with a total of blind children from birth who were in middle school and lived in the blind orphanage Aisyiyah Ponorogo. The data is recorded by reading and noting. Data analysis with determinant techniques. The results showed that the use of blind childrens vocabulary when writing descriptive paragraphs varied due to limitations in concepts and experience, interactions with the environment and mobility, and age and gender differences. The limited concept and experience that has led to the number of words used in blind children being used are small and are not described in detail when describing objects. Restrictions on the interaction with the environment and mobility lead to descriptive sections of the work of blind children largely about the environment in their environment, objects in the environment around blind children and animals that are often encountered. The oldest blind children and blind children of male gender use more vocabulary. The obsessive restrictions do not affect the use of tenses. Basic words become the form of words with the most uses, while the acronym form is a form of words that are rarely used. In class research, the most common word is noun. Words that contain nouns can be touched by blind children, so the concept of the word is embedded in their mind, although it is limited to verbal rather than realistic. The second most common word class is verb, then the preposition takes the third highest position.

Keyword: use of vocabulary, deckriptive paragraphs, blind children



Published
2020-05-19
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 202