KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA MOJOKERTO

  • FEBRICHA PARAMITA PRAMESWARI

Abstract

Abstrak

Penelitian yang berjudul “Keefektifan Teknik Brainwriting Dalam Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Mojokerto” bertujuan untuk (1) Menjelaskan perbedaan kemampuan menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 4 Kota Mojokerto yang diajar dengan teknik brainwriting dengan teknik konvensional. (2) Menguji keefektifan teknik brainwriting dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 4 Kota Mojokerto.

Penelitian ini berjenis eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang terdiri atas dua kelompok, setiap kelompok diberikan tes awal dan tes akhir. Penelitian ini menggunakan desain pretest posstest kontrol group design yang merupakan satu di antara bentuk true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Mojokerto. Sampel penelitian adalah kelas VIII C dan VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan tes produk berupa karangan teks persuasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validitas isi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Mojokerto antara kelompok yang diajar menggunakan teknik brainwritingdengan kelompok yang diajar menggunakan teknik konvensional. Hal ini juga diperkuat dengan melihat nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi pada dua kelompok siswa, bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Mojokerto yang diajar menggunakan teknik brainwriting 6,75 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum nilai kemampuan menulis teks persuasi pada siswakelas VIII yang diajar menggunakan teknik brainwriting lebih baik daripada kelompok siswa yang diajar tanpa dengan menggunakan teknik konvensional.

Published
2020-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 161