Keefektifan Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Di SMA Negeri 1 Menganti

  • NURMA TRI MAHARANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan Gerakan Literasi Sekolah terhadap kemampuan menulis cerpen siswa dan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan penerapan Gerakan Literasi Sekolah dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple probability sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket.

Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji normalitas dengan hasil perhitungan bahwa kedua kelompok berdistribusi dengan normal dan uji homogenitas dengan hasil perhitungan bahwa data tersebut bersifat homogen. Kemudian pada perhitungan uji t membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan penerapan Gerakan Literasi Sekolah lebih baik daripada pembelajaran yang berjalan secara konvensional. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan respon yang positif.

Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Abstract

This study aims to determine the learning outcomes of the application of the School Literacy Movement to the ability to write short stories students and student responses. This type of research is an experiment. The population of this research is all students of class XI. The sample in this study were students of class XI Science 5 as an experimental class with the treatment of the application of School Literacy Movement and students of class XI Social 1 as a control class with conventional learning. The sampling technique uses simple probability sampling. Data collection techniques using tests and questionnaires.

Learning outcomes data were analyzed using the normality test with the results of calculations that the two groups were normally distributed and the homogeneity test with the results of calculations that the data were homogeneous. Then the t test calculation proves that there are significant differences between the experimental class and the control class. This proves that learning with the application of the School Literacy Movement is better than conventional learning. The results of the questionnaire analysis of student responses showed positive responses.

Keywords: School Literacy Movement, Learning Outcomes, Student Responses.

Published
2020-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 146