Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI MAN 1 Mojokerto

  • REZA KUSUMA WARDANI
  • ANDIK YULIYANTO

Abstract

Karya sastra mengandung unsur ekspresi sastrawan dan kesan khusus yang ingin ditimbulkan terhadap pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media sosial instagram terhadap aktivitas belajar siswa dalam menulis puisi, (2) pengaruh penerapan media sosial instagram terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto, (3) perbandingan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 1 Mojokerto melalui media sosial instagram. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretes dan postes.

Jenis penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 1 Mojokerto yang masing-masing peserta berjumlah 33 siswa. Dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperiment dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu pre-test dan post-test siswa dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol.. Hasil belajar siswa dalam menulis puisi melalui media sosial instagram dengan menggunakan teknik random sampling.

Hasil nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol sebesar 50,31 dan nilai rata-rata postes sebesar 72,5. Sedangkan nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen sebesar 60,30 dan nilai rata-rata postes sebesar 78,63. Dari perbandingan hasil nilai postes kedua kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran menulis puisi melalui media sosial instagram dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Selain itu, hasil uji-t yakni (0,793 > 9,25). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menulis puisi antara kelas kontrol tanpa menggunakan teknik random sampling dengan kelas eksperimen yang menggunakan teknik random sampling.

Kata Kunci: Media sosial instagram, True experimental design, Puisi,

Published
2020-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 134