PENGEMBANGAN BUKU TEKA-TEKI PUISI "TETESI" SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGORO JOMBANG

  • ZAHRA KURNIA NUR FITRIASTI

Abstract

Penelitian ini mengedepankan keterampilan berbahasa siswa, salah satunya adalah keterampilan menulis siswa. Keterampilan menulis tidak lepas dari proses pembelajaran di sekolah. Sebagai suatu keterampilan, menulis disajikan dengan proses belajar dan berlatih terutama dalam pembelajaran materi teks puisi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran menulis puisi yaitu Buku Teka-Teki Puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngoro Jombang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran bagi siswa yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, kurangnya penelitian pembelajaran tentang bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks puisi dengan menggunakan media buku teka-teki.

Hasil penelitian pengembangan media Buku Teka-Teki Puisi berupa tiga aspek penunjang kelayakan media, meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan “Sangat baik/Sangat layak” untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, pengamatan guru, dan siswa. Hasil validasi media menunjukkan “Sangat Valid” dengan persentase 81% , dari aspek kualitas media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 90%, sedangkan dari aspek kualitas materi adalah 72%. Dalam hal kepraktisan, media ini menunjukkan kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 86,45% berdasarkan analisis hasil respon siswa. Dan dalam hal keefektifan media ini juga menunjukkan kriteria “Sangat Baik” berdasarkan hasil rata-rata belajar siswa 93,75%, pengamatan pendidik “Sangat Baik” dengan persentase 89%, dan aktivitas siswa menunjukkan presentase 86%. Produk media ini secara ilmiah terbukti dapat diterima dan diterapkan dalam pembelajaran materi teks puisi.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Buku Teka-Teki Puisi, dan Puisi

Published
2020-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 217