PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII SMP

Authors

  • AYU INTAN MAULANY

Abstract

Media boneka tangan berbasis budaya diterapkan pada materi teks fabel. Dalam teks fabel, salah satu kompetensi dasarnya yakni bercerita, sehingga pada penelitian ini digunakan media boneka tangan berbasis budaya. Pada setiap produk media boneka tangan berbasis budaya ini memiliki cerita yang berhubungan dengan materi teks fabel, namun tidak hanya itu saja siswa juga diingatkan kembali untuk mencintai atau mengenal lebih lanjut lagi mengenai budaya Indonesia. Boneka tangan ini didesain dengan menggunakan baju adat dari beberapa daerah di Indonesia sehingga siswa dapat mengenal lebih lanjut cerita teks fabel yang akan diceritakannya menggunakan boneka tangan binatang berdasarkan boneka tangan yang pertama dipilih. Siswa dapat memilih bebas media boneka tangan yang akan digunakannya kembali dalam bercerita. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Boneka Tangan berbasis budaya, mendapatkan media pembelajaran Boneka tangan berbasis budaya yang valid, mendapatkan media pembelajaran Boneka tangan berbasis budaya yang praktis, mendapatkan media pembelajaran Boneka tangan berbasis budaya yang efektif, dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks fabel di SMP. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII, SMP Negeri 2 Tapen Bondowoso. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah pengisian lembar validasi oleh ahli sebagai validator, wawancara, observasi, metode, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data hasil validasi, analisis kepraktisan media, dan analisis keefektifan media. Data kevalidan media boneka tangan berbasis budaya menghasilkan kategori snagat layak yairu 86,30%. Media boneka tangan berbasis budaya juga sangat efektif untuk digunkan dalam pembelajaran teks fabel yaitu dengan hasil 84,76%. Data respon guru dan juga respon siswa juga menunjukkan bahwa media boneka tangan berbasis budaya praktis untuk digunakan dalam pembelajaran teks fabel dengan hasil 92,6% respon guru dan 92,33% respon siswa.

Kata Kunci: media, proses, kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 91 , PDF Downloads: 61