Superioritas Tokoh Anak Dalam Novel Tom Sawyer Jadi Detektif karya Mark Twain (Kajian Psikologi Individual Alfred Adler)

  • NURIKA RAHMANIA WIBOWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Tujuan akhir dari tokoh anak yang bernama Tom Sawyer dan Huckleberry Finn yang ada dalam novel Tom Sawyer Jadi Detektif karya Mark Twain, (2) daya juang kompensasi yang ada di dalam tokoh anak pada novel Tom Sawyer Jadi Detektif karya Mark Twain, (3) perjuangan meraih superioritas pribadi tokoh anak dalam novel Tom Sawyer karya Mark Twain, dan (4) perjuangan meraih keberhasilan yang dilakukan oleh tokoh anak dalam novel Tom Sawyer Jadi Detektif karya Mark Twain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan berupa kata, frasa, dan kalimat. Teknik penelitian menggunakan studi pustaka. Data diperoleh melalui tiga cara, yaitu (1) menandai kalimat berdasarkan kode TA, DJK, PMSP, dan PMK, (2) mencatat dan menyelesaikan data berdasarkan rumusan masalah, dan (3) memilih data untuk dimasukkan dalam tabel klasifikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis isi yang dipadukan dengan deskripsi.

Simpulan penelitian ini adalah: (1) Tujuan akhir dari dua tokoh anak, yaitu Tom Sawyer dan Huckleberry berupa keinginan traveling dan menyelamatkan Paman Silas yang dituduh menjadi pembunuh Dunlap, (2) Daya juang kompensasi ditemukan ada sembilan kutipan sebagai bukti bahwa dua tokoh yang bernama Tom Sawyer dan Huckleberry Finn mampu mengatasi perasaan inferior mereka dan mampu mencipatkan perasaan unggul dalam diri mereka, (3) Perjuangan meraih superioritas pribadi ditemukan dalam diri Tom Sawyer yang berjumalh satu kutipan yang menyatakan bahwa ada sikap egois dalam dirinya, dan (4) Perjuangan meraih keberhasilan yang dilakukan oleh Tom Sawyer dan Huckleberry Finn ditemukan terdapat sepuluh kutipan yang menyatakan bahwa selama proses menyelamatkan Paman Silas dari tuduhan, mereka telah menumbuhkan rasa peduli untuk saling tolong menolong dan bertanggung jawab.

Kata Kunci: Superioritas, Psikologi Individual, Tokoh Anak

Published
2020-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 501
PDF Downloads: 626