PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI LETS IMAGINE UNTUK PEBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHOIRIYAH 2 DALEGAN GRESIK

  • ARIN FIKRIYAH

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan satu di antara mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia mengedepankan materi-materi yang berbasis teks, salah satunya ialah teks puisi di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan media pembelajaran untuk pembelajaran menulis puisi. Media pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran di kelas. Adanya sebuah media dalam proses belajar di kelas menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa dalam menguasai materi. Sebuah pembelajaran dikatakan berhasil jika tujuan pembelajaran di kelas dapat tercapai serta adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media aplikasi Lets Imagine dan kualitas media aplikasi Lets Imagine yang terdiri dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan untuk pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian pengembangan media aplikasi Lets Imagine ini terdiri atas tiga aspek yakni kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Aspek pertama adalah kevalidan media aplikasi Lets Imagine ditinjau dari penilaian dua validator ahli yang menunjukkan bahwa pengembangan media aplikasi Lets Imagine ini valid. Secara keseluruhan hasil validasi memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 97% tergolong "sangat layak". Aspek yang kedua adalah keefektifan media aplikasi Lets Imagine ditinjau dari hasil observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan hasil tes siswa. Hasil tes siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media aplikasi Lets Imagine memperoleh nilai rata-rata 89. Secara keseluruhan hasil tes siswa, observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 92,3% dengan kualifikasi "sangat efektif". Selanjutnya adalah aspek ketiga yakni kepraktisan media aplikasi Lets Imagine ditinjau dari hasil lembar respons siswa. Hasil respons siswa menunjukkan nilai rata dengan persentase 87,4%. Dengan demikian, media aplikasi Lets Imagine tergolong ke dalam kualifikasi "sangat praktis" sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di kelas.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, kevalidan, keefektifan, kepraktisan

Published
2020-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 70