GAYA BELAJAR TOKOH ANAK DALAM NOVEL KARYA ANAK KAJIAN TEORI BOBBI DE PORTER DAN MIKE HERNACKI

  • RIZKY DEVI QORIAYUNI
  • SUYATNO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar anak dalam novel karya anak yang dapat menjadi sumber pengetahuan karakteristik gaya belajar anak. Tujuan selanjutnya yakni untuk mendeskripsikan gaya belajar anak dalam novel karya anak. Gaya belajar anak merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh orang tua maupun pendidik untuk mengembangkan kemampuan belajar anak dalam meningkatkan hasil belajar anak. Keberhasilan belajar anak tidaklah lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi, Gaya belajar merupakan sebuah kombinasi antara kemampuan menyerap, mengatur, dan mengolah informasi dari setiap individu untuk mencapai tujuan belajar. Tiap anak memiliki gaya belajar masing-masing untuk menyerap serta memahami suatu pembelajaran. Adapun gaya belajar dibagi menjadi tiga tipe yakni gaya belajar anak tipe visual, gaya belajar anak tipe auditori, gaya belajar anak tipe kinestetik. Gaya belajar visual mengandalkan indera penglihatan sebagai alat utama memperoleh dan menyerap informasi. Gaya belajar auditori mengandalkan indera pendengaran sebagai alat utama untuk memperoleh dan menyerap informasi. Gaya belajar kinestetik mengandalkan gerak anggota tubuh untuk memperoleh dan menyerap informasi. Sehingga penelitian ini menarik untuk dilakukan.Hasil penelitian ini adalah temuan karakteristik gaya belajar anak dengan tipe visual, auditori, dan kinestetik dalam novel karya anak. Gaya belajar tersebut diuraikan sesuai dengan karakteristik masing-masing. Gaya belajar visual dengan karakteristik indera penglihatan yang kuat. Gaya belajar auditori dengan karakteristik indera pendengaran yang kuat. Gaya kinestetik dengan karakteristik gerak tubuh yang kuat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena data yang telah diperoleh berupa teks tertulis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel karya anak “Sekolah Alam Seru”, “Laboratorium Liana, dan “Smart Melly”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak baca dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik ini digunakan untuk keperluan menuturkan dan menafsirkan data yang telah didapat.

Kata Kunci: Gaya Belajar Anak, Visual, Auditori, Kinestetik.

Published
2020-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 265
PDF Downloads: 102