TINDAK DIREKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDOARJO

  • ARNANDA DWITASARI
  • SUHARTONO

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tindak tutur direktif yang sering digunakan dalam penggunaan bahasa. Kegiatan formal maupun tidak formal dalam penggunaan bahasa akan selalu terjadi tindak direktif. Khusunya, dunia pendidikan yang melibatkan percakapan antara guru dan siswa, sudah pasti menunjukkan tindak direktif. Tujuan tindak direktif ini yaitu untuk mengetahui maksud dan keinginan dari penutur kepada lawan bicaranya. Pada proses pembelajaran, tujuan diketahuinya tindak tutur direktif adalah untuk memahami keinginan guru kepada siswa atau sebaliknya siswa kepada guru. Selain itu, guru dapat menggunakan tindak tutur direktif ini sebagai salah satu cara membangun suasana kelas agar tidak membosankan.

Komunikasi dua arah yang baik antara guru dan siswa akan membantu keefektifan pencapaian proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagian tindak direktif pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo, melalui fungsi, bentuk, dan makna tindak direktif. Penelitian ini meupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menjelaskan secara rinci rumusan masalah yang sudah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simak tanpa libat cakap dengan menggunakan teknik rekam.

Penentuan klasifikasi data tindak direktif mengacu pada indikator penelitian. Hasil penelitian ini, ditemukan 93 tindak tutur direktif yang terdapat pada peroses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Tindak direktif yang ditemukan meliputi: 6 fungsi tindak direktif, 4 bentuk tindak direktif, dan 10 makna tindak direktif. Pada hasil juga dijelaskan jika fungsi paling banyak ditemukan adalah fungsi pertanyaan. Bentuk tindak direktif yang paling banyak adalah tindak direktif langsung dan tindak direktif literal. Sedangkan, makna tindak direktif yang paling banyak ditemukan adalah menanya.

Kata Kunci: fungsi tindak direktif, bentuk tindak direktif, makna tindak direktif.
Published
2020-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 70