EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAKON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA BIPA

  • REVINA JALUWIN ANDAYANI

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada proses dan hasil belajar. Media pembelajaran juga dapat digunakan sebagai sarana pengenalan budaya kepada mahasiswa BIPA, seperti permainan tradisional Indonesia yang disebut dakon atau congklak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran terutama dakon dalam meningkatan keterampilan berbicara mahasiswa BIPA. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data utama dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu dan data pendukung penelitian ini diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa BIPA Unesa secara daring. Berdasarkan hasil data utama didapatkan bahwa beberapa penelitian terdahulu yang menggunakan media dakon sebagai media pembelajaran dapat efektif dalam meningkatkan terciptanya komunikasi yang baik dan keterampilan sosial yang tidak bisa terlepas dari meningkatnya dan terlatihnya keterampilan berbicara seseorang. Sedangkan hasil data pendukung menunjukkan keefektivan penggunaan media permainan tradisional dakon tergolong efektif dengan hasil yang diperoleh 80%.

Kata Kunci: media permbelajaran, dakon, mahasiswa BIPA.

Abstract

Learning media is one aspect that influences the learning process and outcomes. Learning media can also be used as a means of cultural introduction to BIPA students, such as the traditional Indonesian game called dakon or congklak. The purpose of this study is to describe the effectiveness of instructional media, especially dakon in improving speaking skills of BIPA students. The method used is the literature study method. Literature study was conducted by collecting the main data from the results of research conducted by previous researchers and supporting data of this study were obtained from questionnaires given to BIPA Unesa students online. Based on the results of the main data, it was found that some previous studies that used learning media as a media of effective learning to improve the creation of good communication and social skills that can not be separated from the improvement and training of ones speaking skills. While the results of supporting data show the effectiveness of the use of traditional dakon, traditional media is classified as effective with 80% of the results recieved.

Keywords: learning media, dakon, BIPA students.

Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 340