PERBEDAAN KEEFEKTFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QIUZ-QUIZ TRADE DAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMPN2 GUMUKMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • AJENG FERNANDA ROSMAYANTI

Abstract

ABSTRAK

Pada zaman yang semain modern keterampilan brbahasa sangatlah penting, mengingat untk mencapai suatu tujuan yang diinginkan setiap individu sangat dibutuhkan keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang sangat berpengaruh pada kehidupan adalah keterampilan berkomunikasi. Sebab itulah keterampilan berkomunikasi dengan baik sangatlah penting dimiliki setiap individu. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMPN 2 Gumukmas tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, menggunakan model Quasy eksperimen .Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui perbedaan keterampilan bercerita siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran. Pada hasil analisis data dapat diketahui perbedaan keterampilan bercerita berdasarkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Ha= Terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa dalam menceritakan tokoh idola setelah menggunakan model pembelajaran Quiz-Quiz Trade (QQT) dan Inside-Outside Cirlce (IOC) dapat diterima. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dihitung menggunakan uji t. Dari nilai uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 23 atau sebesar 3,42 dan diperoleh harga t sebesar 1714. Pada kelompok A hasil t tabel dapat dilihat tidak adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Oleh karena itu Ha= dapat diterima.

Kata Kunci : Quiz Quiz Trade (QQT), Inside-Outside Circle (IOC), keterampilan berbicara, keterampilan bercerita.

Abstract

In modern times, language skills are very important, remembering that to achieve a goal that is desired by each individual is very necessary language skills. One of the language skills that is very influential on life is communication skills. Thats why communication skills are very important for every individual to have. In this study, the aim is to find out the effectiveness of the Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle learning methods for the storytelling ability of Grade VII students of SMPN 2 Gumukmas in the academic year 2019/2020. Data collection techniques in this study were observation and tests. This type of research is experimental, using the Quasy experimental model. Based on research conducted, it can be seen differences in students storytelling skills before and after learning methods are applied. On the results of data analysis can be known differences in storytelling skills based on learning outcomes obtained by students. The results obtained show that Ha = There is a difference in student learning outcomes in telling idol figures after using the Quiz-Quiz Trade (QQT) and Inside-Outside Cirlce (IOC) learning model. The results obtained from the implementation of the study were calculated using the t test. From the t test value it can be concluded that the significance level of 5% with a degree of freedom 23 or equal to 3.42 and obtained t value of 1714. In group A the results of t table can be seen that there is no significant difference between pre-test and post-test. Therefore Ha = acceptable.

Keywords : Trade Quiz Quiz (QQT), Inside-Outside Circle (IOC), speaking skills, storytelling skills

Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 209