Perbedaan Keefektifan Penggunaan Metode Think Pair Share (TPS) dan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Surabaya

  • FIRDHA RAHMAWATI
  • BAMBANG YULIANTO

Abstract

Abstrak

Salah satu upaya pembenahan untuk meningkatkan kemampuan siswa difokuskan pada memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri secara aktif. Artinya siswa menemukan, membentuk, dan mengembangkan pengetahuan sendiri baik secara individu maupun kelompok dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran kooperatif yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keefektifan penggunaan metode TPS dan metode STAD pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan penggunaan metode TPS dan metode STAD pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Surabaya dibuktikan dari hasil perhitungan uji t kelas eksperimen TPS diperoleh thitung = 6,863 > ttabel = 2,06390 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan kelas eksperimen STAD diperoleh thitung = 4,053 > ttabel = 2,06390 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan N-Gain metode pembelajaran TPS diperoleh sebesar 49,97% yang termasuk ke dalam kategori kurang efektif (40 – 55%), dan perhitungan N-Gain metode pembelajaran STAD diperoleh sebesar 37,33% yang termasuk ke dalam kategori tidak efektif (< 40%).

Kata Kunci: perbedaan keefektifan, metode TPS, metode STAD.

Abstract

One of the efforts to improve students skills is to give students the opportunity to actively develop their own knowledge. This means that students find, shape and develop their own knowledge both individually and in groups through cooperative learning. The cooperative learning methods used in this study are the types Think Pair Share (TPS) and Student Teams Achievement Division (STAD). This study aims to describe the differences in the effectiveness of using the TPS method and the STAD method on student learning outcomes in Class VIII SMP Negeri 34 Surabaya. This research is an experimental research with a quantitative approach. This type of research is quasi-experimental research with a non-equivalent control group design. The results showed that there were differences in the effectiveness of applying the TPS method and the STAD method to the learning outcomes of students in grade 8 of SMP Negeri 34 Surabaya, as from the results of the t-test calculations for the experimental class TPS results that were obtained with a Sig value of 0.000 <0.05 = 6.863> ttable = 2.06390 and the STAD test class received thitung = 4.053> ttable = 2.06390 with a Sig value of 0.000 <0.05 . The results showed the calculation of N-Gain-TPS learning methods, which were obtained to 49.97% and fall into the category of the less effective (40 - 55%), and the calculation of N-Gain-STAD learning methods, which 37.33% were received and belong to the category of not belonging effective (<40%).

Keywords: difference in effectiveness, TPS method, STAD method.



Published
2020-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 49