PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMPN 5 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • HALIMATUS SOLIKAH

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sesuai kondisi dan kebutuhan siswa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, sehingga guru perlu mengatahui kriteria media yang harus digunakan agar dapat disenangi dan diterima oleh siswa. Quizizz merupakan satu di antara media pembelajaran yang berbentuk kuis dan berbasis 4.0. Quizizz dapat dijadikan pilihan oleh guru sebagai media pembelajaran karena berbasis permainan dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang disajikan berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan rumus statistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan desain true eksperimental design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terbagi pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol sebelum diberikan perlakuan diperoleh nilai thitung sebesar -,935, dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai thitung sebesar 3,461. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan diperoleh nilai thitung sebesar 1,97, dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai thitung sebesar 4,04. Hasil analisis data yang mengacu pada db=50, t0=5%, menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen dan kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media interaktif Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif.

Kata Kunci: Quizizz, Motivasi, Hasil belajar, Teks Persuasif


Published
2020-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 3611
PDF Downloads: 4333