PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) BERMEDIA GAMBAR SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII SMPN 17 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • KIDUNG ASIH HARESTALIA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari minimnya penerapan model pembelajaran dalam proses belajar dikelas. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup membosankan, oleh karena itu penerapan model pembelajaran dengan didampingi media belajar dapat menarik minat belajar peserta didik. Pada dasarnya telah banyak model pembelajaran yang efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, namun guru terkadang lebih memilih belajar dengan metode konvensional atau metode ceramah. Telah banyak penelitian mengenai model pembelajaran yang disandingkan dengan media sebagai alat bantu untuk menutupi kekurangan dari model pembelajaran. Oleh karena itu, tidak sedikit juga terdapat pengembangan model pembelajaran untuk memperbaiki kekurangan. Pada penelitian ini mengembangakan model pembelajaran SAVI bermedia gambar yang diterapkan dalam materi teks persuasi. Peserta didik akan berperan aktif dalam belajar membuat teks persuasi dengan belajar bersama kelompok. Model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditoris, Visual, Intelektual) adalah belajar dengan memanfaatkan panca indra yang dimiliki siswa.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Reseach and Development (R & D) yang disarankan oleh Prof. Dr. Sugiyono. Model ini terdiri atas 10 tahap yaitu, Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan siswa, tes hasil belajar dan angket respon siswa.

Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Pengembangan model pembelajaran SAVI Bermedia Gambar sebagai alternatif Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 17 Surabaya. 2) Bagaimana Kualitas model pembelajaran SAVI bermedia gambar sebagai alternatif pembelajaran menulis teks persuasi kelas VIII SMPN 17 Surabaya, yang meliputi: kevalidan, Keefektifan, kepraktisan model pembelajaran SAVI bermedia gambar sebagai alternatif pembelajaran menulis teks persuasi kelas VIII SMPN 17 Surabaya. Pengembangan model pembelajaran SAVI bermedia gambar mendapat nilai rata-rata 82,6% dan validasi RPP mendapatkan nilai rata-rata 83% dengan kualifikasi valid. Keefektifan model pembelajaran SAVI bermedia gambar mendapatkan rata-rata nilai 87,5 dengan kualifikasi efektif. Sedangkan kepraktisan model pembelajaran SAVI bermedia gambar mendapat nilai 92,2% dengan kualifikasi praktis.

Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, medi gambar, kevalidan, keefektifan, kepraktisan.





Published
2020-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 84