Pengembangan Materi Pembelajaran Teks Hikayat Berbasis Gaya Belajar Siswa yang Diorganisasikan dalam Bentuk Buku Pengayaan untuk Siswa Kelas X

  • YASMIN NABILLA

Abstract

Abstrak

Setiap pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa biasanya hanya akan diberi buku utama yang terkadang belum mencakup segala materi yang sesuai dengan kompetensi dasar. Berdasarkan hal itu, maka dikembangkan buku pengayaan materi pembelajaran teks hikayat berbasis gaya belajar siswa untuk menunjang perbendaharaan materi bagi siswa yang umumnya memiliki gaya belajar yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Penilitian ini menggunakan metode 4D (define, design, development, disseminate) yang termasuk dalam penelitian pengembangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas X Multimedia Smk Negeri 1 Driyorejo, kualitas materi pembelajaran ditinjau dari validasi yang telah dilakukan oleh validator, didapat kualifikasi kelayakan kualitas dengan persentase skor 87.2% dengan kualifikasi sangat layak untuk komponen isi, lalu 85% dengan kualifikasi sangat layakn untuk komponen penyajian, 85% dengan kualifikasi sangat layak untuk komponen kebahasaan dan 80% dengan kualifikasi layak untuk komponen kegrafikan. Sementara itu yang ketiga, keefektifan materi pembelajaran diukur berdasarkan hasil uji coba dan hasil belajar siswa. Dari hasil uji coba tersebut menunjukan bahwa nilai rata-rata 85,2% dengan kualifikasi sangat baik. Selain itu, keefektifan yang lainnya diukur berdasarkan penilaian lembar observasi keterbacaan RPP yang menghasilkan nilai 87,2% dengan kualifiaksi sangat baik. Berdasarkan respon siswa dari rekapitulasi angket respon siswa memperoleh persentase 89% dengan kualifikasi sangat baik. Simpulan dari keseluruhan penilaian yang didapat, materi pengembangan teks hikayat berbasis gaya belajar siswa yang diorganisasikan dalam bentuk buku pengayaan termasuk dalam kategori sangat efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Pengayaan, Teks Hikayat, dan Gaya Belajar Siswa

Abstract

In every Indonesian language learning, students will usually only be given a main book which sometimes does not cover all material that is in accordance with basic competencies. Based on that, then the enrichment of textbook learning materials based on students learning styles is developed to support the treasury of material for students who generally have different learning styles. This research uses the 4D method (define, design, development, disseminate) which is included in development research. Based on research conducted in Class X Multimedia Smk Negeri 1 Driyorejo, the quality of learning material in terms of the validation that has been done by the validator, obtained a quality eligibility qualification with a percentage score of 87.2% with very decent qualifications for the content component, then 85% with very decent qualifications for presentation component, 85% with qualifications are very suitable for the linguistic component and 80% with qualifications for the graphic component. Meanwhile the third, the effectiveness of learning material is measured based on the results of the trial and student learning outcomes. From the results of these trials indicate that the average value of 85.2% with very good qualifications. In addition, the effectiveness of the others was measured based on the assessment of the RPP readability observation sheet which produced a value of 87.2% with very good qualifications. Based on the students responses from the recapitulation the questionnaire responses of students gained a percentage of 89% with very good qualifications. Conclusions from the overall assessment obtained, the saga text development material based on student learning styles which are organized in the form of enrichment books are included in the very effective category.

Keywords: Development, Additional Book, Story Text, and Student Learning Styles

.


Published
2020-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 311