Pengaruh Model Pembelajaran Antarmuka Antara Fantasi Fiksi Sastra dan Bahasa pada Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII SMP Walisongo Gresik

  • TITAN RAHMA AULIA RIADY

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Laporan Hasil Observasi serta keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Antarmuka Antara Fantasi Fiksi Sastra dan Bahasa terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Lembar Hasil Observasi (LHO). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen di SMP Walisongo Gresik tahun pelajaran 2019/2020, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan kognitif dan non-tes untuk mengetahui aktivitas peserta didik. Data di analisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Antarmuka Antara Fantasi Fiksi Sastra dan Bahasa terhadap hasil belajar pada pembelajaran Laporan Hasil Observasi peserta didik kelas VII SMP Walisongo Gresik tahun pelajaran 2019/2020.





Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 20