PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PROSEDUR (MODUR) MELALUI METODE BRAINSTORMING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP

  • ATIKA DWI RAHMAWATI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki empat aspek, salah satunya yaitu aspek menulis. Menulis merupakan suatu aspek keterampilan dalam menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak hanya belajar menggunakan buku paket, modul, lks, dan sejenisnya. Media monopoli prosedur (MODUR) dapat digunakan siswa untuk pembelajaran menulis teks prosedur. Media monopoli prosedur (MODUR) adalah media pembelajaran yang didesain secara khusus dan menarik sehingga siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran. Selain itu, materi teks prosedur juga dikemas secara menarik dalam kartu dana umum dan kartu kesempatan sehingga siswa lebih mudah memahami materi teks prosedur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming dan mendeskripsikan kualitas media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah, namun telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian menjadi tujuh langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk. Sumber data penelitian ini ialah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan dengan jumlah 20 siswa. Uji coba media dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa validasi, observasi, tes, dan angket.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pengembangan media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming untuk Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP menggunakan tujuh langkah yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Kualitas media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming didasarkan pada aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, aspek kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi oleh validator ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase nilai sebesar 91% dengan kriteria “sangat baik” sehingga dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid. Aspek keefektifan menunjukkan persentase nilai sebesar 86,91% dengan kriteria “sangat efektif” yang berdasarkan dari hasil observasi aktivitas guru dengan persentase nilai 84%, observasi aktivitas siswa dengan persentase nilai 88%, dan hasil belajar siswa dengan persentase nilai 88,75%. Aspek kepraktisan yang diperoleh dari respon siswa menunjukkan persentase nilai 95,33% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan kualitas media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming dapat dikategorikan sebagai media yang “sangat berkualitas” dengan persentase nilai sebesar 91,08%. Media monopoli prosedur (MODUR) melalui metode brainstorming memenuhi kriteria untuk diterapkan dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur.

Kata Kunci: pengembangan, media monopoli prosedur, teks prosedur.

Abstract

Indonesian language learning has four skills and writing is one skill of them. Writing is a skill in order to convey ideas in form of words. This study is supported by the importance of using learning media in learning process, so the students not only learning from textbooks, exercise books, etc. Monopoly procedure media (MODUR) can be applied in writing procedure text. Monopoly procedure media (MODUR) is a learning media which specially designed and attractive so students are more enthusiastic in learning process. Moreover, the procedure text material is also interestingly package in general fund cards and opportunity cards so that students more easily understand procedure text material. The aim of this study is to describe the developed process of monopoly procedure media (MODUR) through the brainstorming method and describe the quality of monopoly procedure media (MODUR) through the brainstorming method in validity, effectiveness, and practicality.

This study uses the development research method according to Brog and Gall consists of ten steps, but it has simplified based on the research need to be seven steps, that are (1) gathering initial research and information, (2) planning, (3) developing initial format of product, (4) sampling try out, (5) revising product, (6) field try out, (7) revising product. The source of data of this research was 20 students of seventh grade of SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Media trials were conducted by using data collection techniques in form of validation, observation, test, and questionnaires.

The results of the research show that the development of monopoly procedure media (MODUR) process through the brainstorming method for learning procedure text students of seventh grade of junior high school used seven steps developed by Borg and Gall. The quality of monopoly procedure media (MODUR) through the brainstorming method is based on aspect of validity, effectiveness, and practicality. Based on the results of research conducted, aspects of validity obtained from the result of validation by the validator of media experts and material experts showed a percentage of values of 91% with the criteria of “very good” so that they can be categorized as valid learning media. The effectiveness aspect shows a percentage value of 84%, observations of student activities with a percentage value of 88%, and student learning outcomes with a percentage value of 88,75%. The practicality aspect obtained from student responses shows the percentage value of 95,33% with criteria “very practical”. Based on the validity, effectiveness, and practicality aspects of the quality of monopoly procedure media (MODUR) through the brainstorming method, it can be categorized as a “very high quality” media which has a percentage value of 91,08%. Monopoly procedure media (MODUR) through the brainstorming method meets criterion which can be applied in the learning process of writing procedure texts.

Keywords: development, monopoly procedur media, procedure text.



Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 94