PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN CERITA RAKYAT DI MTS NEGERI 1 TUBAN

  • Suhartono Suhartono
  • Amilia Rahma Tsania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tuban yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat dengan metode active learning strategi reading guide dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat  tanpa menggunakan metode active learning strategi reading guide (2) Untuk menguji keefektifan metode active learning strategi reading guide dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tuban, berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest dan dapat diketahui rata-rata nilai akhir kelas kontrol : 77,50 yang lebih rendah dibandingkan  rata – rata nilai akhir kelas eksperimen : 93,93 dan respon siswa terhadap penggunaan metode active learning dengan strategi reading guide terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat hampir 100% menyetujui/ baik- sangat baik : (  60,4% setuju, 36,3% sangat setuju, 3,3% tidak setuju, 0% sangat tidak setuju. Simpulan penelitian ini berdasarkan hasil analisis data adalah: (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita rakyat yang signifikan antara siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tuban yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan metode active learning strategi reading guide dan siswa yang tidak mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat  tanpa menggunakan metode active learning strategi reading guide, (2) metode active learning strategi reading guide efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita rakyat siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tuban.

           Kata Kunci: Efektif, Membaca, Aktif

Published
2020-08-19
Section
Articles
Abstract Views: 109