GAYA PENCERITAAN CERITA FIKSI ANAK PADA CERPEN ANAK MAJALAH BOBO EDISI 3 – 17 JANUARI 2019

  • Nurhaniyah Nurhaniyah

Abstract

Penelitian mengenai sastra anak dengan judul “Gaya Penceritaan Cerita Fiksi Anak pada Cerpen Anak Majalah Bobo Edisi 3 – 17 Januari 2019” ini dilatarbelakangi setiap karya sastra yang dihasilkan oleh pengarang memiliki kekhasan yang mencerminkan gaya penceritaan seseorang pengarang termasuk karya sastra berupa cerpen. Gaya penceritaan seorang pengarang dapat tercermin dalam struktur pembangunan pada setiap karyanya, meliputi tokoh, tema, alur cerita, latar cerita, sudut pandang, stile dan nada, moral. Cerpen anak majalah Bobo merupakan salah satu dari karya sastra anak yang ada dan bacaan paling populer tertua anak-anak di Indonesia. Terbit sejak 14 April 1973, majalah Bobo hadir sekali dalam seminggu/setiap hari kamis. Bahasa yang digunakan oleh para pengarang dalam cerpen anak tersebut dijelaskan secara sederhana, sehingga mudah dipahami terutama oleh pembaca dan pengarangnya.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek tokoh dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 2) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek tema dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 3) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek alur dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 4) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek latar dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 5) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek sudut pandang dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 6) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek stile dan nada dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019, 7) bagaimana gaya penceritaan pengarang pada aspek moral dalam cerpen anak majalah Bobo edisi 3 - 17 Januari 2019. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan objektif. Untuk pengumpulan data digunakan teknik baca catat dan penganalisisan data digunakan metode analisis isi mengenai data-data yang menunjukkan gaya penceritaan pengarang dalam karya-karyanya.

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui gaya penceritaan pengarang dalam cerpen anak majalah Bobo, yaitu: 1) pada aspek tokoh, dominan menggunakan tokoh utama gender laki-laki dan perempuan dengan karakter yang mudah emosi dan labil, 2) pada aspek tema, dominan menggunakan tema pengalaman hidup dan perhatian Ibu kepada anaknya, 3) pada aspek alur cerita, dominan menggunakan alur kronologis, 4) pada aspek latar tempat, dominan menggunakan lingkungan rumah sedangkan latar waktu dominan menunjukkan latar pagi dan siang hari, 5) pada aspek sudut pandang, dominan menggunakan sudut pandang persona ketiga yang termasuk jenis sudut pandang orang ketiga terbatas, 6) pada aspek stile dan nada, dominan menggunakan majas hiperbola, personifikasi, dan simile dengan efek nada yang beragam, 7) pada aspek moral, dominan menggunakan pesan moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama, yaitu sayangilah keluarga, jagalah hubungan baik dengan orang lain, dan jalinlah hubungan tolong menolong kepada orang lain.

 

Kata Kunci: Gaya Penceritaan, Bobo, Cerpen Anak, dan Intrinsik.

Published
2020-12-29
Section
Articles
Abstract Views: 121