Pengembangan Media Ayo Belajar Cerpen (Abc) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI

  • FATIMAH NUR AULIA Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ada pada setiap kurikulum. Satu diantara teks dalam pelajaran bahasa Indonesia terdapat teks cerpen yang termasuk teks fiksi. Ada beberapa tahap yang dilakukan oleh para peserta didik agar mudah mempelajari teks cerpen, yaitu mengidentifikasi, mendemonstrasikan, menganalisis, dan mengonstruksi teks cerpen baik secara lisan maupun tulis. Tahapan tersebut akan membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi-kompetensi dalam pembelajaran teks cerpen. Penelitian ini adalah penelitian yang mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi untuk proses pembelajaran teks cerpen. Adanya media aplikasi pembelajaran proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan media aplikasi ABC dan kualitas media ABC yang terdiri dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan untuk pembelajaran menulis teks cerpen. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dirancang oleh Sadiman, yang langkah-langkahnya meliputi menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan intruksional, merumuskan butir-butir materi, menyusun alat pengukur keberhasilan, membuat media uji coba, dan revisi. Hasil penelitian pengembangan media ini meliputi kualitas media ABC yang terdiri dari tiga aspek, yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Pertama, kevalidan media ABC dilihat dari penilaian validator yang menunjukkan bahwa pengembangan media ABC valid. Rata-rata secara keseluruhan hasil validasi memperoleh persentase 86,64% dengan kriteria “sangat layak”. Aspek kedua, keefektifan media ABC yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik dan hasil observasi pendidik dan peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada teks cerpen menggunakan media ABC menunjukkan nilai rata-rata 87,04%. Hasil pengamatan aktivitas pendidik menunjukkan 81,42% dan hasil pengamatan peserta didik menunjukkan 81,67%. Keefektifan media ABC menunjukkan 83,37% dengan kriteria “sangat baik”. Aspek ketiga yaitu kepraktisan media ABC yang diperoleh dari angket respons peserta didik yang menunjukkan rata-rata 78% yang tergolong “praktis”, sehingga dilihat dari kriteria kualitas media ABC menunjukkan rata-rata 82,67% tergolong media yang “sangat berkualitas”.

Kata Kunci: Pengembangan, Media ABC, dan Teks Cerpen

Published
2021-01-17
Abstract Views: 127