PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 3 PONOROGO

  • Dhea Vica Nuraini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi0oleh kebutuhan siswa yang merasa bosan dan jenuh pada saat proses pembelajaran menulis puisi mata0pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa membutuhkan media yang dapat menyampaikan materi secara0inovatif dan variatif. Sehingga multimedia interaktif0Articulate Storyline adalah jawaban dari permasalahan tersebut.0Tujuan penelitian ini adalah untuk0mengetahui proses pengembangan dan kualitas multimedia interaktif Ariculate Storyline untuk pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi0siswa kelas X SMAN 3 Ponorogo. Penelitian ini merupakan0penelitian kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Proses pengembangan0menggunakan model Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall0yang telah dimodifikasi.0Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPS 1 SMAN 3 Ponorogo.0Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner,0dan tes. Hasil analisis0pengembangan media pembelajaran terdiri dari hasil analisis kevalidan media pembelajaran berdasarkan penilaian0dari validator ahli berkategori “sangat layak” dengan persentase 90%. Hasil0analisis kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respons siswa berkategori “sangat praktis” dengan persentase 90,3%. Hasil0analisis keefektifan media pembelajaran ditentukan oleh tiga aspek yaitu, lembar0aktivitas siswa dengan persentase 92,5%, lembar aktivitas guru dengan persentase sebesar 92,5%, dan rata-rata hasil belajar siswa0secara keseluruhan dengan nilai 82,36, sehingga dapat diketahui bahwa keefektifan0media pembelajaran berkategori “sangat efektif” dengan persentase 89,12%. Jadi, dapat disimpulkan dari tiga kriteria0tersebut, kualitas multimedia interaktif Articulate Storyline ini berkategori “sangat berkualitas” dengan0persentase 89,80%.

Kata Kunci: Pengembangan, Articulate Storyline,  Menulis Puisi

Published
2021-03-22
Abstract Views: 299
PDF Downloads: 295