IDENTITAS BUDAYA ETNIK BALI DALAM KUMPULAN PUISI PATIWANGI KARYA OKA RUSMINI (Kajian Identitas Budaya Stuart Hall)

  • Siti Laikatus Zahrok Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Yuwana Sudikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang identitas budaya etnik Bali dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini menggunakan kajian identitas budaya Stuart Hall. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan:  (1) subjek pencerahan identitas budaya etnik Bali yang  terpresentasi dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini, (2) subjek sosiologis identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini, (3) subjek pascamodern identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan  Patiwangi karya Oka Rusmini menggunakan teori identitas budaya Stuart Hall.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologis dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa  kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, baris, dan bait puisi mengenai identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka  (pembacaan kritis, penandaan, dan pengutipan).

Hasil penelitian ini yaitu (1) subjek pencerahan identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini ditunjukkan melalui empat hal yaitu  a. kepercayaan terhadap Dewa, b. sesaji sebagai syarat terlaksananya upacara, c. upacara Mesangih dan Masunggi, d. keistimewaan laki-laki.  (2) Subjek sosiologis identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan puisi Patiwangi karya Oka Rusmini ditunjukkan melalui empat hal yaitu a. pembatasan hak perempuan, b. lukat bagi orang yang bersalah, c. banyak nyanyian dan tarian khusus, d.Patiwangi. (3) Subjek pascamodern identitas budaya etnik Bali yang terpresentasi dalam kumpulan  puisi Patiwangi karya Oka Rusmini ditunjukkan melalui dua hal yaitu a. Payas Agung,  b. pemikiran yang modern. 

Kata Kunci: identitas budaya, subjek pencerahan, subjek sosiologis, subjek pascamodern

Published
2021-04-04
Abstract Views: 327
PDF Downloads: 313