PENGEMBANGAN BUKU GAMBAR BERTEMA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII DI SMP/MTs

  • Digna Nur Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Diding Wahyudin Rohaedi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengembangan media buku gambar bertema dalam pembelajaran menulis puisi peserta didik kelas VIII MTs Plus Himmatun Ayat Surabaya. Latar belakang penelitian ini karena keadaan rata-rata peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menulis teks puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media buku gambar bertemadan mendeskripsikan kualitas media buku gambar bertema yang meliputi: kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan model pengembangan milik Sadiman dkk. Data penelitian berupa deskripsi dari proses pengembangan media dan deskripsi dari kualitas media buku gambar bertema. Subjek uji coba dari penelitian dan pengembangan media ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Plus Himmatun Ayat Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada lima, yakni teknik angket kebutuhan peserta didik dan teknik wawancara, teknik validasi, teknik observasi/pengamatan, teknik tes, teknik angket respon peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, yakni lembar angket kebutuhan peserta didik dan lembar wawancara, lembar validasi, lembar pengamatan aktivitas pendidik dan peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni teknik deskriptif kualitatif. Kelayakan media didasarkan pada hasil analisis yang sudah dilakukan, seperti kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk. Kevalidan media yang didasarkan pada hasil validasi dari validator ahli mendapatkan nilai rata-rata 96,9% dan berkategori sangat baik/sangat layak. Keefektifan media yang didasarkan pada hasil belajar peserta didik, lembar pengamatan aktivitas pendidik, dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87,2% dan berkategori sangat baik/sangat layak. Sedangkan kepraktisan media yang didasarkan pada hasil respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87,1% dan berkategori sangat baik/sangat layak.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Gambar Bertema, Teks Puisi

Published
2021-04-04
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 59