RAGAM BAHASA PADA IKLAN KECANTIKAN DALAM KATALOG ORIFLAME (EDISI SEPTEMBER 2020)

  • Arina Fitriana Universitas Negeri Surabaya
  • Andik Yuliyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Katalog Oriflame adalah bentuk promosi tertulis dari produk terkenal yang menjual alat kelengkapan kecantikan, khusunya make up. Dalam mengiklankan suatu produk, bahasa menjadi penentu untuk menarik minat konsumen. Keragaman bahasa yang muncul dalam iklan kecantikan, Oriflame menjadi perhatian peneliti. Ragam bahasa yang ditemukan dalam katalog Oriflame merupakan bentuk ragam bahasa perempuan karena peminat atau konsumen terbanyak dari Oriflame adalah perempuan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bentuk-bentuk ragam bahasa perempuan dan bentuk-bentuk fungsi bahasa  pada katalog Oriflame. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan Kecantikan yang terdapat dalam katalog Oriflame dan data penelitian dalam penelitian ini ialah berupa data tulisan yang diperoleh dari hasil amatan pada katalog Oriflame edisi bulan September 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yakni teknik dokumentasi dan teknik catat. Proses penganalisisan data pada penelitian ini dilakukan dengan meggunakan teknik analisis deskriptif yang disesuaikan dengan kajian dari sosiolinguistik, sehingga dalam penelitian ini diperoleh hasil berupa data ragam bahasa dan fungsi bahasa. Hasil dari penelitian ini, terdapat  32 data ragam bahasa perempuan dan 34 data dari fungsi bahasa. data ragam bahasa tersebut terbagi menjadi 9 data ragam bahasa menggunakan kata sifat, 8 data berupa ragam bahasa dengan bentuk ungkapan halus, dan 15 data yang merupakan ragam bahasa dengan bentuk pemerian, sedangkan data fungsi bahasa terbagi menjadi 12 data denga fungsi bahasa secara direktif, 20 data fungsi bahasa secara informatif dan 2 data fungsi bahasa secara metalingual.

 

Kata Kunci: Katalog Oriflame, ragam bahasa dan fungsi bahasa.

Published
2021-04-06
Abstract Views: 195
PDF Downloads: 246