REPRESENTASI SAMPAH PLASTIK DALAM NOVEL SAMPAH DI LAUT, MEIRA KARYA MAWAN BELGIA (Kajian Ekologi Budaya Julian H. Steward)

  • Yustia Imroatin Habibah Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Yuwana Sudikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) manusia  memanfaatkan teknologi dan produksi terkait sampah plastik yang terepresentasi dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia, (2) pola-pola perilaku dalam pengeksploitasian suatu kawasan dengan menggunakan teknologi tertentu terkait sampah plastik yang terepresentasi dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia, dan (3) tingkat pengaruh dari pola-pola perilaku tertentu dalam pemanfaatan lingkungan terhadap berbagai aspek kebudayaan yang terepresentasi dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia.

Permasalahan yang ada dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia ini adalah kawasan laut yang dipenuhi oleh sampah plastik. Untuk mengaji persoalan tersebut, ekologi budaya dapat mengungkap permasalahan tentang hal-hal yang berkaitan dengan sampah plastik dalam novel tersebut. Pengambilan latar yang sebagian besar berada di lautan menjadikan imajinasi pembaca menyusuri kedalaman lautan biru yang indah namun kenyataannya penuh dengan sampah. Sampah yang berada di lautan ini kebanyakan adalah sampah plastik yang sulit terurai.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa unit-unit teks yang terdiri atas kalimat dan penggalan paragraf yang yang terepresentasi dalam novel Sampah di Laut, Meira karya Mawan Belgia. Teknik pengumpulan data berupa teknik baca catat dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data berupa teknik hermeneutika.

Hasil penelitian ini yaitu manusia memanfaatkan teknologi dan produksi terkait sampah plastik yang terepresentasi dalam novel Sampah Di Laut, Meira karya Mawan Belgia yang ditunjukkan melalui dua hal, yaitu 1) Teknologi Mesin Pemipil dan Pencacah, dan 2) Produksi Botol Minuman Kaleng. Pola-pola perilaku dalam pengeksploitasian suatu kawasan dengan menggunakan teknologi tertentu terkait sampah plastik yang terepresentasi dalam novel Sampah Di Laut, Meira karya Mawan Belgia yang ditunjukkan melalui enam hal, yaitu 1) Penghancuran dengan Mesin Pencacah, 2) Pembakaran Sampah, 3) Pembuangan Sampah di Laut, 4) Sampah yang Terlantar, 5) Pencemaran Air Laut, 6) Sampah Plastik Perusak Lingkungan. Tingkat pengaruh dari pola-pola perilaku tertentu dalam pemanfaatan lingkungan terhadap berbagai aspek kebudayaan terkait sampah plastik yang terepresentasi dalam novel Sampah Di Laut, Meira karya Mawan Belgia yang ditunjukkan melalui dua hal, yaitu 1) Daur Ulang Membuat Kerajinan, dan 2) Pembersihan Sampah di Laut.

Kata Kunci: ekologi budaya, sampah plastik, teknologi dan produksi, pola-pola perilaku, pengeksploitasian

Published
2021-04-06
Abstract Views: 700
PDF Downloads: 500