PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO KARAKTER EMOTIKON BERANTAI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI

  • Kenang Ageng Jati Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan media ini dilatarbelakangi pentingnya penggunaan media sebagai salah satu keberhasilan dalam belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video karakter emotikon berantai, serta mendeskripsikan hasil penelitian berupa kevalidan media, kepraktisan media, dan keefektifan. Media pembelajaran Bahasa Indonesia ini terdapat dalam  materi menulis naskah drama kelas XI SMA. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Pulung Kabupatan Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Sadiman yakni (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan alat-alat pengukur keberhasilan, (5) pembuatan media, (6) validasi, (7) revisi, (8) naskah siap produksi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa media video karakter emotikon berantai dinilai dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Validasi dari aspek materi dan media dengan persentase 75,71%. Kemudian dalam keefektifan media diambil dari rata-rata hasil belajar sebesar 85,06 dengan kategori sangat baik, aktivitas guru dengan persentase 97% dengan kategori sangat baik, dan aktivitas siswa sebesar 95% dengan katergori sangat baik. Kepraktisan pengguaan media di nilai dari respon siswa menggunakan media tersebut sebesar 84,42% dengan kategori sangat praktis. Dengan keseluruhan hasil nilai kualitas media sebesar 84,16% dengan kategori sangat berkualitas.

Kata Kunci: Pengembangan, Media karakter emotikon, Teks drama

Published
2021-04-28
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 109