PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MENULIS BERITA BERBASIS LITERASI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BAGI SISWA KELAS VIII SMP

  • Mufti Isror Alfarobby Universitas Negeri Surabaya
  • Parmin Parmin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media video menulis berita berbasis literasi informasi, dirancang sebagai media yang dapat dimanfaatkan peserta didik baik di sekolah maupun di rumah dalam proses pembelajaran mengenai materi teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pegembangan media video menulis berita berbasis literasi informasi, (2) Kualitas media video menulis berita yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (diseminat). Penelitian ini menggunakan  tiga tahap saja yaitu define, design,  dan develop. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif sehingga dapat mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII F SMPN 1 Karangan, Trenggalek. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan empat instrumen, yaitu lembar observasi, lembar validasi, lembar tes hasil belajar, dan angket. Penelitian ini menghasilkan media video menulis berita untuk pembelajaran menulis teks berita kelas VIII SMP. Penelitian ini memaparkan  (1) proses pengembangan media video menulis berita sesuai dengan model pengembangan 4D Thiagarajan, (2) kualitas media video menulis berita dinilai dari tiga aspek, yakni kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Dari proses validasi yang dilakukan oleh validator ahli media dan pendidik bahasa Indonesia menunjukkan 90% nilai validator ahli dan 95% nilai pendidik bahasa Indonesia, keduanya menunjukkan kulaifikasi sangat baik. Pada uji coba terbatas dan luas, media video menulis berita mendapatkan kualifikasi sangat baik berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada uji coba luas mendapatkan 94,2% dengan kualifikasi sangat baik. Respon peserta didik terhadap media video menulis berita yaitu 82% dengan kualifikasi baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video,  Berita, literasi informasi

Published
2021-05-05
Abstract Views: 712
PDF Downloads: 674