PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PUTUMU (PUISI ITU MUDAH) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII

  • Arta Dwi Ananda Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran di sekolah, terutama Bahasa Indonesia akan memerlukan inovasi untuk mencapai pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitasnya dari segi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Media Video Animasi PUTUMU (Puisi Itu Mudah) dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII. Media video animasi menjadi media pembelajaran yang cocok dipakai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam masa pandemi saat ini. Dengan media  ini peserta didik akan merasa termotivasi dan nyaman di dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran menulis puisi akan tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Sadiman dkk. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Gresik, subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini berupa  tahapan proses pengembangan media sampai dengan siap digunakan dan setelah dihitung dari hasil kevalidan 86,66% dengan predikat “sangat layak”, keefektivan dengan persentase 89,95% dengan predikat “sangat baik” kepraktisan dengan hasil 84,33% dengan predikat “sangat baik” dan media maka diperoleh predikat keseluruhan media pembelajaran “sangat baik” dengan persentase 98,87% yang berarti Media Video Animasi PUTUMU layak untuk dipakai dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.

 Kata Kunci:  Media pembelajaran, Video Animasi, Menulis Puisi

Published
2021-05-06
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 203