PENGEMBANGAN BUKU BERJENJANG TEKS EKSPLANASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SMP

  • Mila Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Laksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tingkat kemampuan membaca siswa SMPN 3 Babat yang kurang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya minat baca siswa. Hal itu berdasarkan respon siswa ketika melaksanakan kegiatan literasi membaca lima belas menit sebelum mata pelajaran dimulai sebelum terjadi pandemi Covid 19 di Indonesia. Alternatif yang dapat dilakukan adalah memberikan buku bacaan yang disenangi siswa dan sesuai  tingkat kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku berjenjang teks eksplanasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrch and Development), desain eksperimen (before-after).  Subjek penelitian adalah tujuh siswa setiap tingkat kelas. Pengumpulan data melalui angket validasi, serta lembar soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa pengembangan tiga tingkat buku berjenjang teks eksplanasi, yaitu jenjang E untuk kelas tujuh, jenjang F untuk kelas delapan, dan jenjang G untuk kelas sembilan. Kelayakan isi, bahasa dan grafika, kesesuaian keterbacaan dari perhitungan formula grafik fry, serta hasil perbandingan post-test dan pre-test menunjukkan bahwa buku berjenjang teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa

Kata kunci: Buku Berjenjang, teks eksplanasi, kemampuan membaca

Published
2021-06-02
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 217