PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 2 DLANGGU, MOJOKERTO

  • Risma Ayu Puspita Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini tentang penggunaan media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran drama siswa kelas VIII SMPN 2 Dlanggu, Mojokerto. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa untuk memahami pelajaran drama. Hal tersebut dikarenakan guru tidak menggunakan media yang menarik sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan cenderung membuat siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Masalah penelitian ini adalah, (1) Bagaimana penggunaan media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran drama. (2) Bagaimana keefektifan media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran drama. (3) Bagaimana respon siswa setelah mengikuti pembelajaran drama dengan media video animasi berbasis Powtoon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre experimental designs bentuk one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dlanggu, Mojokerto dengan sampel satu kelas yaitu kelas VIII-F yang diberi perlakuan menggunakan media video animasi berbasis Powtoon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes (pretes dan postes), dan angket respon siswa. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis hasil lembar observasi, analisis hasil pretes dan postes dengan rumus uji-t untuk mengetahui keefektifannya, dan analisis angket respon siswa. Penggunaan media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran drama siswa kelas VIII SMPN 2 Dlanggu, Mojokerto sangat baik. Hal tersebut berdasarkan hasil persentase sebesar 88% dari sepuluh aspek penilaian pada lembar observasi guru dan 83% dari aspek penilaian pada lembar observasi siswa. Media video animasi berbasis Powtoon efektif digunakan dalam pembelajaran drama siswa kelas VIII SMPN 2 Dlanggu, Mojokerto. Keefektifan terbukti pada peningkatan nilai rata-rata siswa dari pretes dan postes.  Nilai rata-rata pretes adalah 72 (belum mencapai KKM) dan nilai rata-rata postes 80,2. (telah melampaui KKM). Tingkat keefektifan terlihat dari hasil uji-T yang menghasilkan  sebesar 6,8. Nilai  lebih besar dibandingkan nilai t tabel pada signifikansi 5%. Media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran drama mendapatkan respon positif berdasarkan hasil analisis angket respon siswa tentang media video animasi berbasis powtoon. Semua pernyataan positif tentang media video animasi berbasis Powtoon pada angket respon siswa mendapat jawaban rata-rata siswa yaitu “Sangat setuju” sebanyak 32,2%, jawaban “Setuju” 65,4%, “Kurang setuju” 0%, dan “Tidak setuju” sebanyak 2,4%. 

Kata Kunci: video animasi, powtoon, pembelajaran drama

Published
2021-06-02
Abstract Views: 275
PDF Downloads: 247