PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 TEMAYANG

  • Milenia Wahyu Sya’ada Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran dari luring menjadi daring membuat guru dan siswa menjadi kurang efektif dalam melakukan pembelajaran. Pembelajaran lebih membosankan, oleh karena itu akan dilakukan penelitian dengan menerapkan media power point interaktif. Tujuan yang ingin dicapai yaitu 1) Mendeskripsikan penggunaan media power point interaktif pada pembelajaran surat pribadi dan surat dinas di kelas VII-D SMPN 1 Temayang, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point interaktif dalam pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media power point interaktif dalam pembelajaran surat pribadi dan surat dinas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Temayang yang beralamatkan di Jalan Rayaemayang, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, dengan subjek penelitian siswa kelas VII-D. Instrumen penelitian yang digunakan ada tiga, yaitu observasi, tes, dan angket. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan siswa, pretes dan postes, dan lembar angket siswa. Hasil penelitiannya yaitu 1) Penggunaan media power point interaktif berjalan dengan baik, dibuktikan dengan  hasil  observasi aktivitas siswa 92,50% dan aktivitas guru 86,53%, 2) Hasil belajar sebelum menggunakan media mendapatkan nilai rata-rata 60,37, sedangkan sesudah menggunakan media mendapatkan nilai 78,33. Nilai rata-rata meningkat dan perbedaannya signifikan berdasarkan  nilai uji t   yaitu 2,06 < 5,887 > 2,78., 3) Respon siswa menyatakan bahwa penggunaan media bernilai positif sebesar 70,2%. Hal ini diperoleh melalui angket, jawaban selalu 51,1% , sering 19,1%, kadang-kadang 16,8%, dan tidak pernah 12,7%.

Kata Kunci: pembelajaran, daring, interaktif

Published
2021-06-27
Abstract Views: 303
PDF Downloads: 1942