PENGARUH MEDIA BOLA KEBERUNTUNGAN MELALUI PERMAINAN RANKING SATU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA KATOLIK SANTA AGNES SURABAYA

  • Brigitta Dwi Nilamsari Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh media bola keberuntungan melalui permainan ranking satu terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan media bola keberuntungan melalui permainan ranking satu, (2) pengaruh media bola keberuntungan melalui permainan ranking satu, dan (3) respons siswa terhadap media bola keberuntungan melalui permainan ranking satu terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAK Santa Agnes Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrolnya adalah kelas X MIPA-2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian berupa (1) Penerapan media bola keberuntungan berjalan dengan baik untuk hasil observasi aktivitas siswa dan hasil observasi aktivitas guru, dengan perhitungan rata-rata masing-masing adalah 89,29% dan 83,33%. (2) Pengaruh media bola keberuntungan pada kelas eksperimen sangat positif, dilihat dari rata-rata hasil tes awal dan tes akhir. Pada kelas kontrol nilai rata-rata tes awal 73,9 dan tes akhir 81,11. Sementara itu, pada kelas eksperimen nilai rata-rata tes awal 73,11 dan tes akhir 85,07. Berdasarkan perhitungan uji-T terdapat perbedaan yang sigfinikan pada pembelajaran materi puisi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dibuktikan dengan T hitung lebih besar dari T tabel yaitu didapatkan 2,84 > 2,01. (3) Respons siswa menunjukkan 71,43% setuju dalam aspek “Menggunakan media bola keberuntungan melalui permainan ranking satu saya berpikir mengalami perkembangan kemampuan dalam menulis”.

Kata Kunci: pengaruh, media bola keberuntungan, ranking satu, menulis puisi

Published
2021-06-27
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 222