VARIASI BAHASA DALAM IKLAN PROVIDER BY.U

  • Novie Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Andik Yuliyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bahasa memiliki fungsi utama, yakni sebagai alat komunikasi atau alat interaksi sosial yang hanya dimiliki manusia. Salah satu keistimewaan yang membedakan sistem komunikasi bahasa dari sistem komunikasi makhluk lainnya adalah bersifat dinamis dan terbuka. Artinya, lambang-lambang ujaran baru dapat dibuat sesuai dengan keperluan manusia. Bahasa itu tidak terlepas dari berbagai kemungkinan perubahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Adanya sifat tersebut menimbulkan kevariasian dalam bahasa. Variasi bahasa juga terdapat dalam iklan provider By.U. Provider yang baru mengudara pada Oktober 2019 ini, menggunakan variasi bahasa yang menarik untuk mengenalkan dan memasarkan produknya di masyarakat. Bahasa yang digunakan By.U untuk beriklan unik dan berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh provider lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis variasi bahasa dan faktor penyebab variasi bahasa dalam iklan provider By.U. Kosakata maupun kalimat yang digunakan dalam iklan provider By.U dianalisis melalui kajian variasi bahasa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simak dengan teknik sadap dan catat. Sedangkan, teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan provider By.U ditemukan variasi bahasa dari empat segi (penutur, penggunaannya, keformalan, dan sarana) dan terdapat  lima faktor eksternal yang menyebabkan adanya variasi bahasa.

Kata Kunci: variasi bahasa, iklan provider, sosiolinguistik.

Published
2021-06-27
Abstract Views: 380
PDF Downloads: 416