KONFLIK INTERPERSONAL TOKOH ELIZABETH DALAM TETRALOGI NOVEL CEWEK PALING BADUNG KARYA ENID BLYTON (KAJIAN PSIKOANALISIS SOSIAL KAREN HORNEY)

Authors

  • Fahma Aynani Tajriyan Ahmad Universitas Negeri Surabaya
  • Titik Indarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik interpersonal yang dialami tokoh Elizabeth dalam tetralogi novel Cewek Paling Badung karya Enid Blyton dan upaya tokoh Elizabeth mengatasi konflik. Teori yang digunakan untuk menganalisis kepribadian tokoh menggunakan teori psikoanalisis sosial Karen Horney. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan psikologi. Data penelitian ini berupa unit-unit teks dalam tetralogi novel Cewek Paling Badung karya Enid Blyton yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sumber data penelitian ini adalah novel Cewek Paling Badung di Sekolah, Sekali Lagi Si Paling Badung, Si Badung Jadi Pengawas, dan Ini Dia Si Paling Badung yang ditulis oleh pengarang cerita anak-anak Enid Blyton. Novel-novel tersebut diterbitkan pada Juni 2017 oleh PT Gramedia Pustaka Utama yang beralamat di Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu tokoh Elizabeth sering sekali terlibat konflik dengan tokoh-tokoh lain dalam novel baik dengan temannya, orang tua, maupun gurunya, terjadinya konflik disebabkan oleh perbedaan keinginan dan kepentingan antar individu. Elizabeth dalam mengatasi konflik menggunakan dua cara dari tiga cara yang dikemukakan Horney, yaitu dengan bergerak melawan orang lain dan bergerak menjauhi orang lain.

Kata kunci: psikoanalisis, konflik, kepribadian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-02
Abstract views: 806 , PDF Downloads: 635