PEMANFAATAN CAMPUR KODE BAHASA DAERAH DAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DI KELAS III SDN TULANGAN 1

  • Ach. Dwi Alfandi Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Laksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Digunakannya bahasa daerah sebagai bahasa pengantar di kelas rendah adalah untuk menunjang komunikasi ketika proses pembelajaran berlangsung. Namun, tidak semua pemanfaatan bahasa daerah dibutuhkan oleh guru untuk menunjang komunikasi yang baik dan perkembangan berbahasa siswa. Berawal dari itulah penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan campur kode bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar untuk memperlancar komunikasi antara guru dan siswa di kelas rendah sekolah dasar ketika pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, catat, dan simak. Hasil penelitian tentang pemanfaatan campur kode bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam dalam pembelajaran dianggap dapat membantu guru dan siswa dalam memahami instruksi serta komunikasi ketika pembelajaran. Kendati demikian, pemanfaatan dari bahasa Indonesia masih merupakan unsur utama. Hal itu dilakukan guru karena dirasa masih relevan untuk menjalin komunikasi yang baik serta membantu siswa dalam memahamkan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Kata Kunci: Campur Kode, Bahasa Daerah, Kelas Rendah, Sekolah Dasar

Published
2021-07-07
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 180