KEFORMALAN DAN FUNGSI BAHASA IKLAN PRODUK DI LAZADA

  • Novi Nur Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keformalan bahasa iklan produk di Lazada dan fungsi bahasa iklan produk di Lazada. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa kutipan kalimat iklan produk di Lazada. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaituengumpulkan iklan produk dalam Lazada, mendata dan mencatat penggunaan variasi bahasa, menentukan tingkat keformalan dan fungsi pada variasi bahasa yang digunakan, menganlisis setiap jenis keformalan dan fungsinya, dan yang terakhir membuat simpulan. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah tingkat keformalan dalam kalimat iklan di Lazada terdapat empat jenis, yaitu ragam resmi, ragam usaha, ragam santai, dan ragam akrab. Fungsi bahasa dalam kalimat iklan di Lazada terdapat tiga jenis, yaitu fungsi direktif, fungsi interaksional, fungsi informasional. Pada tabel 1 ragam resmi terdapat fungsi direktif, fungsi interaksional, dan fungsi informasional. Pada tabel 2 ragam usaha terdapat fungsi direktif dan fungsi informasional. Pada tabel 3 ragam santai fungsi direktif, fungsi interaksional, dan fungsi informasional. Pada tabel 4 ragam akrab terdapat fungsi direktif, fungsi interaksional, dan fungsi informasional.

 

Kata Kunci: Keformalan Bahasa, Fungsi Bahasa, Iklan Lazada

Published
2021-07-08
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 421