RETORIKA PERSUASIF DALAM CAPTION POSTINGAN AKUN INSTAGRAM RESMI PRESIDEN JOKO WIDODO

  • Gitta Dhea Anis Fitria Universitas Negeri Surabaya
  • Yunis Effendri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika persuasif meliputi teknik, penggunaan diksi, dan tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah caption instagram presiden Jokowi dan data penelitian berupa penggalan wacana yang mengandung kalimat retorika persuasif dan diksi yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini: (1) teknik retorika persuasif yang ditemukan yaitu rasionalisasi sebanyak 18 data, identifikasi 14 data, sugesti 50 data, konformitas 7 data, kompensasi 6 data, penggantian 3 data, dan proyeksi 2 data. (2) diksi yang ditemukan yaitu makna denotatif sebanyak 25 data, makna konotatif 15 data, kata umum 7 data, kata khusus 4 data, kata ilmiah 20 data, dan kata populer 29 data. (3) tujuan yang ditemukan yaitu memberikan informasi sebanyak 30 data, menimbulkan inspirasi 5 data, meyakinkan 17 data, menggerakkan atau mengarahkan 48 data. Tidak ditemukan tujuan retorika persuasif menghibur atau menyenangkan. Maka dengan ditemukannya hasil dari masing-masing data berdasarkan teknik, diksi, dan tujuannya dapat membuktikan bahwa sering ditemukan teknik sugesti, diksi kata populer, dan tujuan menggerakkan yang perlu dipahami oleh masyarakat terhadap maksud dari masing-masing tuturan retorika persuasif tersebut.

Kata Kunci: retorika, persuasif, teknik, diksi, tujuan

Published
2021-07-08
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 249