VARIASI BAHASA SLOGAN DALAM IKLAN SITUS BELANJA DARING TOKOPEDIA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

  • Muhammad Ari Rifqi Mubarok Universitas Negeri Surabaya
  • Diding Wahyudin Rohaedi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Seiring kemajuan teknologi, aplikasi serta situs web berkembang pesat sejalan dengan percepatan akses internet serta kemajuan teknologi telekomunikasi. Salah satu sektor yang merasakan dampak adanya perkembangan teknologi adalah bidang ekonomi dan bisnis. Belanja daring menjadi alternatif cara berbelanja yang banyak diminati masyarakat. Alasan belanja daring banyak diminati masyarakat adalah kemudahan sistem belanja yang menggunakan aplikasi situs belanja tanpa harus datang ke tempat. Situs belanja daring lahir sebagai media digital yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Situs belanja daring tokopedia menjadi salah satu favorit masyarakat untuk belanja daring. Tokopedia menjadi situs belanja daring dengan jutaan pengguna aktif. Salah satu cara promosi untuk mengaet pengguna aktif serta memperkenalkan porduk mereka adalah dengan membuat fitur iklan yang memuat berbagai slogan. Situs belanja daring tokopedia menggunakan berbagai ragam variasi bahasa sebagai strategi promosi dan sarana publikasi mereka. Namun pada kenyataannya masyarakat tidak sepenuhnya mengerti maksud dari berbagai bentuk variasi bahasa slogan dan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan tokopedia tersebut. Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia dan mendesksripsikan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan hasil penelitian berupa bentuk variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia dan mendeskripsikan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia. Data dalam artikel ini berupa kata-kata slogan dalam iklan yang diunggah oleh situs belanja tokopedia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang mencakup data yang sudah tersedia. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif guna mendeskripsikan bentuk variasi bahasa serta fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja daring tokopedia.

Kata Kunci: situs belanja, slogan, variasi bahasa

Published
2021-07-09
Abstract Views: 1054
PDF Downloads: 1198