IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VII-C SMP NEGERI 15 GRESIK DAN SOLUSINYA

  • Afifatur Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa khususnya pada ranah keterampilan berbicara di kelas VII-C SMPN 15 Gresik. Adapun manfaat dari diadakannya penelitian ini agar para pendidik di sekolah tersebut mengetahui penyebab dari adanya kesulitan belajar keterampilan berbicara di kelas tersebut dan menerapkan solusi dari permasalahan tersebut melalui hasil dari penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat bagi peneliti-peneliti selanjutnya agar menjadi acuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar keterampilan berbicara dan mengetahui solusi dari permasalahan di ranah ini. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 31 siswa-siswi kelas VII-C SMPN 15 Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Pengolahan data dilakukan melalui 3 tahap, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dalam kesimpulan penelitian, terdapat faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar khususnya pada keterampilan berbicara dalam kelas VII-C SMPN 15 Gresik. Faktor-faktor yang memengaruhinya meliputi kebiasaan belajar siswa yang masih salah, kurangnya motivasi, kurangnya komponen kebahasaan yang dikuasai, kurangnya penguasaan terhadap komponen, isi, sikap mental, dan hubungan/interaksi antara guru dengan siswa. Solusi yang didapat untuk memecahkan persoalan di ranah ini adalah dengan memperkaya komponen kebahasaan, melakukan pelatihan kepada siswa baik pelatihan keras (performansi) maupun pelatihan lunak (kebiasaan dalam berlogika).

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Keterampilan Berbicara, dan Solusinya

Published
2021-07-09
Abstract Views: 529
PDF Downloads: 3696