KOMPLEKSITAS KALIMAT PERSUASI IKLAN PRODUK DETERGEN (KAJIAN SINTAKTIS)

  • Dheni Iga Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan ragam bahasa pada deskripsi kalimat iklan detergen yang kerap digunakan konsumen untuk membandingkan produk detergen satu dengan yang lainnya. Tujuan peinelitian ini adalah meindeskripsikan kompleksitas bahasa pada satu kalimat berdasarkan; (1) struktur teks, (2) kategori klausa pembentuk teks, (3) jumlah klausa. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kalimat yang mengalami proses sintaksis pada iklan produk detergen pada media massa. Metode pengumpulani data dalam penelitiani ini menggunakani metode simak dengan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi serta humman instrument. Metode Agih digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan teknik Immediate Constituent Analysis (ICA) atau teknik pilah unsur langsung. Berdasarkan data sebanyak 65 kalimat iklan, terdapat jenis kalimat tunggal sebanyak 14 ragam pola kalimat dengan kategori klausa di antaranya kalimat berpredikat verbal (taktransitif, ekatransitif, dan dwitransitif); berpredikat adjektival; berpredikat nominal; dan berpredikat frasa preposisional. Juga terdapat jenis kalimat majemuk sebanyak 11 ragam pola kalimat dengan kategori klausa beriupa kalimat imajeimuk setara diani kalimati majeimuk bertingkat.

Kata Kunci: kompleksitas kalimat, iklan persuasi, struktur kalimat iklan, jenis klausa

Published
2021-07-12