KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 22 SURABAYA

  • Fa’idlotul Firdausi Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Trinil Dwi Turistiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 22 Surabaya. Secara rinci tujuan tersebut adalah mendiskripsikan (1) kemampuan membaca kritis, (2) kemampuan menulis teks eksplanasi, dan (3) korelasi antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif melalui desain korelasional  Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 22 Surabaya. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Instrumen penelitian berupa tes subjektif untuk mengukur kemampuan membaca kritis dan menulis teks eksplanasi siswa.. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan membaca kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 22 Surabaya masuk dalam kategori sedang dan tinggi, di mana nilai terendah yang dicapai adalah 64 sedangkan tertinggi adalah 93. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 22 Surabaya secara keseluruhan berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥ 75 dengan nilai rata-rata 86,4. Ketiga, terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. Hasil perhitungan korelasi product moment dengan peta korelasi diperoleh angka sebesar 0,97. Angka ini termasuk ke dalam rentang 0,90 – 1,00 dalam tabel interpretasi korelasi dengan kategori sangat tinggi. Selain itu ditemukan hasil thitung lebih besar dari ttabel, yaitu dengan perbandingan 22,28 > 2,03452.

Kata Kunci: korelasi, kemampuan membaca kritis, kemampuan menulis teks eksplanasi

Published
2021-07-28