INTEGRASI KARAKTER DAN INTEGRASI PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER GENAP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan integrasi karakter pada modul bahasa Indonesia kelas VII, dan integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa angka yang diperoleh dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah modul bahasa Indonesia kelas VII SMP semester genap ditulis oleh Listiya Susilawati diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan lembar observasi yang berisi indikator integrasi karakter, dan integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian integrasi karakter pada modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII yaitu nilai karakter yang terintegrasi dalam modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII semester genap, terdapat tujuh nilai karakter yang terintegrasi yaitu: religius, disiplin, tanggung jawab, kreatif, kritis, bekerja sama, dan percaya diri. Pada bab 1 terdapat empat nilai karakter yang terintegrasi, yaitu religius, disiplin, tanggung jawab, dan kreatif. Pada bab 2 terdapat dua nilai karakter yang terintegrasi, yaitu kritis dan kreatif. Pada bab 3 terdapat empat nilai karakter yang terintegrasi, yaitu bekerja sama, tanggung jawab, percaya diri, dan kreatif. Integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia kelas VII yaitu pembelajaran literasi yang terintegrasi dalam modul bahasa Indonesia kelas VII yaitu literasi teknologi, literasi informasi, literasi komunikasi, literasi visual, literasi media, dan literasi komputer. Akan tetapi, dalam modul bahasa Indonesia kelas VII terdapat tiga pembelajaran literasi yang sangat terintegrasi, yaitu literasi informasi, literasi komunikasi, dan literasi visual. Tiga pembelajaran literasi tersebut sangat terintegrasi karena hasil perolehan skor yang didapatkan. Modul bahasa Indonesia kelas VII dapat menarik minat peserta didik untuk membaca dan mempelajari teks, karena disajikan dengan gambar yang menarik, teks bacaan disajikan dengan ringkas sehingga peserta didik bisa mudah memahami informasi yang didapatkan dari buku.
Kata Kunci: integrasi karakter, integrasi pembelajaran literasi
Downloads
Abstract views: 258
,
PDF Downloads: 355