PENERAPAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN PENULISAN TEKS ULASAN DI KELAS VIII WUSTHA SUBULUSSALAM SURABAYA TAHUN 2020/2021

  • Novrita Faizah Prasetyani Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menerapkan media film dalam pembelajaran bahasa Indonesia bab teks ulasan. Selaras dengan latar belakang masalah, rumusan masalah yang diulas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan media film dalam pembelajaran di kelas VIII Wustha Subulussalam Surabaya? dan (2) bagaimana tingkat kemampuan siswa kelas VIII Wustha Subulussalam Surabaya dalam pembelajaran penulisan teks ulasan setelah menggunakan media film? Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas VIII Wustha Subulussalam Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 12 siswi dan 11 siswa. Terdapat sepasang KD yang diterapkan, yaitu 3.12 dan 4.12 tentang materi teks ulasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ialah teknik analisis deskriptif. Tolok ukur pada penelitian ini menggunakan struktur dan bahasa yang berlaku dalam teks ulasan. Hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini (1) media film diterapkan sesuai dengan kategori usia dan bab yang dipelajari siswa kelas VIII Wustha Subussalam Surabaya (2) pertemuan pertama ada 7 orang yang bisa menjawab, pada pertemuan kedua ada 16 orang yang mampu menyelesaikan tugas teks ulasan dengan benar, dan pada pertemuan ketiga ada 20 orang siswa yang mampu membuat teks ulasan dengan benar.

 

Kata Kunci: Media, film, siswa, teks ulasan.

Published
2021-11-06
Abstract Views: 281
PDF Downloads: 557