Kohesi Dan Koherensi Pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah

  • Maya Sari Qhoirul Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Laksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sebuah wacana mengandung informasi yang akan disampaikan kepada pembaca. Wacana yang baik harus memperhatikan susunan kata maupun kalimat agar dapat dipahami para pembaca. Artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis kohesi yang terdapat pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah

(2) mendeskripsikan jenis koherensi yang terdapat pada Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian menggunakan teknik simak dan catat. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan kohesi gramatikal sebanyak 261 data, kohesi leksikal sebanyak 90 data, koherensi berpenanda sebanyak 29 data dan koherensi tak berpenanda sebanyak19 data. Adapun jenis kohesi dan koherensi yang tidak ditemukan pada semua wacana (lima) yaitu, kohesi gramatikal elipsis karena pada pada wacana ini tidak ditemukan penanda elipsis, koherensi berpenanda temporal karena pada wacana ini tidak ditemukan penanda koherensi temporal. Selanjutnya koherensi kronologis karena pada wacana ini tidak ditemukan penanda koherensi kronologis. Adapun koherensi tak berpenanda dialog karena pada wacana ini tidak ada wacana yang mengandung dialog. Buku ini pada dasarnya ditujukan untuk pengajar dan cocok untuk semua usia. Penulis juga ingin memberikan kebervariasian secara merata antara penggunaan kohesi maupun koherensi pada sebuah wacana yang cocok digunakan untuk materi pelajaran.

Kata Kunci: Wacana, Kohesi, dan Koherensi.

Published
2021-12-09
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 501