IMPLEMENTASI POLA TULISAN TANGAN UNTUK MEMAHAMI KARAKTER SISWA KELAS 1 SDN SUMBERJATI 1

  • Yuyun Indah Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Laksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tulisan tangan merupakan sebuah perwujudan dari pikiran bawah sadar dan sadar seseorang yang menampilkan gambaran dari karakter a wal seseorang. Alasan penelitian ini menggunakan subjek penelitian siswa SD kelas 1 dikarenakan  siswa kelas 1 sedang dalam fase perkembangan awal sensor motorik dan kontrol mata tangan yang cukup matang  sehingga peneliti tertarik untuk memahami karakter siswa SD kelas 1 SDN Sumberjati 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tulisan tangan dan karakter dasar dari siswa sd kelas 1 yang dapat mulai menyingkronkan antara emosional dengan tulisan. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan ilmu grafologi yang dapat diterapkan dalam pendidikan karena bermanfaat untuk menentukan suatu model pembelajaran terhadap karakter anak. Peneliti menggunakan Metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan karakteristik tulisan tangan dan deskripsi karakter siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1, Mojokerto. Penelitian ini menghasilkan (1) karakteristik tulisan tangan siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1 yang cenderung berzona tulisan tengah, jarak yang sempit, kecepatan penulisan lambat, tidak memiliki lengkung tulisan, jenis tulisan tangan cetak dan mudah dibaca. (2) muatan karakter siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1 terdiri atas (a) muatan karakter baik: cermat, baik, konsisten, kreatif, praktis, percaya diri, dan mandiri, (b) muatan karakter kurang baik: terburu-buru, tidak mudah bergaul, dan pendendam.

Kata Kunci: Grafologi, Karakteristik, Karakter

Published
2022-01-28
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 222