PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA KOMPETENSI PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING

Authors

  • Ervina Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Prima Asteria Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA madya kompetensi plurilingual dan
plurikultual dengan strategi flipped learning. Penelitian ini dilakukan menggunakan model R&D melalui
tahap ADDIE yang diadaptasi dalam lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Model pembelajaran yang digunakan adalah strategi flipped learning yang terdiri atas prakelas, kegiatan di kelas, dan pasca kelas yang terintegrasi dengan plurilingual dan plurikultural. Subjek
penelitian yakni siswa BIPA yang bekerja sebagai guru ekspatriat di sekolah Ciputra Surabaya. Data
penelitian diperoleh dari hasil uji validitas dan hasil belajar siswa BIPA berupa pretes dan postes. Tema
yang dipilih adalah ekonomi yang mencakup keunikan pasar tradisional Indonesia dan kebiasaan jual beli
masyarakat Indonesia. Modul dikembangkan melalui proses analisis kebutuhan siswa BIPA yang disusun
berdasarkan design awal yang selanjutnya disempurnakan sebagai desain akhir berdasarkan hasil uji
validitas untuk dikembangkan pada tahap pengembangan. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif
dan kuantitatif. Kualitas bahan ajar diperoleh dari tes siswa BIPA dan uji validitas. Rata-rata skor yang
diperoleh dari yang diperoleh siswa BIPA yakni pretes 71 dan postes yakni 85. Uji validitas oleh ahli
pembelajaran BIPA meliputi aspek materi, kebahasaan, model pembelajaran, grafika dan organisasi.
Rata-rata perolehan skor dari validator satu adalah 80% dan perolehan skor yang didapat dari validator
dua adalah 93% sehingga rata-rata perolehan skor dari kedua validator adalah 86% yang menyatakan
bahwa bahan ajar layak untuk digunakan sebagai modul pembelajaran BIPA level madya.
Kata Kunci: plurilingual, plurikultural, flipped learning

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-18
Abstract views: 148 , PDF Downloads: 323